Shohibuddin M (ed.). 2009. Metodologi Studi Agraria: Karya Terpilih Gunawan Wiradi. Bogor (ID): Sajogyo Institute, SKPM-IPB, PKA IPB.


Buku ini bukanlah buku yang sengaja dirancang khusus untuk menjadi buku teks mengenai metodologi penelitian, melainkan sekedar sebagai kumpulan karya tulis yang memuat isu-isu tertentu mengenai metodologi, baik yang bersifat umum maupun yang berkaitan dengan studi agraria. Sepanjang karir saya selama + 40 tahun sebagai peneliti di bidang ilmu-ilmu sosial (khususnya di bidang sosiologi pedesaan), saya telah menghasilkan banyak karya tulis mengenai berbagai hal, termasuk terutama masalah agraria.

Sebagai orang yang tidak rajin mendokumentasikan karya tulisnya sendiri, saya sampai sekarang tidak tahu persis berapa banyak karya tulis yang telah saya buat. Berkat jasa sejumlah sahabat dan mereka yang berminat untuk mengumpulkannya, konon telah tercatat lebih dari 270 judul, namun hanya sekitar 2/3 di antaranya yang naskahnya berhasil didapatkan. Sebagian dari berbagai karya tulis itu ada yang sudah diterbitkan, baik dalam media ilmiah di dalam negeri maupun luar negeri, tetapi masih banyak yang belum diterbitkan dan masih berupa naskah seminar, lokakarya, pelatihan dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *